Sabtu, 26 Agustus 2023

Tips Mencari Hukum Bacaan Tajwid


Dalam mencari contoh tajwid di Al-Quran maka sebelumnya yang harus dilakukan adalah mempelajari teorinya secara baik dan benar. Setelah itu baru bisa mengerti dan mencari contohnya.
Ini dia beberapa tips untuk mencari hukum bacaan nun mati dan mim mati di Al Quran.

1. Memindai di Al-Quran
Ini dia cara yang baik dan benar. Setelah mengerti teorinya kita bisa mencari di Al Quran dengan cara memindai seperti membaca cepat.

2. Al-Quran bertanda warna
Mudah dan menarik. Dengan Al Quran bewarna maka akan lebih mudah dalam menemukan tajwid. Tiap hukum bacaan akan ditandai dengan warna berbeda, seperti ikhfa, idzhar, iqlab, dll.

Kemudian jika masih kesulitan bila harus mencari huruf nun atau mim mati bertemu dengan huruf ini itu dan lainnya bisa mencoba cara ketiga.

3. Website transliterasi

Ini dia salah satu website yang dapat membantu dalam mencari hukum bacaan tajwid di Al Quran besarta hurufnya, dengan memperhatikan ejaan hurufnya (ejaan menurut bahasa Inggris). http://www.searchtruth.com
atau langsung ke sini
https://www.searchtruth.com/search.php (tinggal klik)

akan terdapat kotak pencarian dan terdapat dua pilihan.
Pilihan pertama untuk menentukan jangkauan pencarian apakah hanya terbatas pada surat tertentu atau melingkupi seluruh surat di Al-Quran 
Pilihan kedua untuk pilihan ejaan teksnya, apakah mau diambil dari terjemahan bahasa Inggris atau lainnya, atau bahkan dari cara bacanya (transliterasi) 
untuk yang kedua pilih "Transliteration".

Contoh Pemakaian:
Caranya kita masukkan ejaan huruf yang kita cari. 
Misalnya kita mencari
ikhfa syafawi: huruf mim mati bertemu huruf ba. 
Maka masukkan di kotak pencarian:
im ba

karena hasilnya sangat banyak dan kurang akurat, maka untuk mencari susunan huruf yang sama persis maka kita tambahkan tanda petik sebelum dan sesudah. Menjadi 
"im ba"

Maka akan tampil hasilnya yg lebih akurat

Kemudian cek ayatnya untuk memastikan tulisan arabnya, keterangannya ada di bawah transliterasi per ayatnya.
mengingat ejaannya dalam Bahasa Inggris sehingga tulisannya berbeda dengan ejaan Indonesia, seperti kalau di Indonesia terdengar huruf "i" di Inggris ternyata pakai huruf "e".

Maka akan muncul ayat yang tersebut:

Cocok

Jika benar-benar sudah mentok, coba tanyakan ke ustadz, kyai, atau hafidz quran untuk memastikan ada atau tidaknya hukum bacaan yang sesuai dengan kriteria yang kita cari.

Contoh lain
-> Nun mati ketemu kaf
ketik dipencarian: "nka" atau "n ka"




Sekian, semoga bermanfaat. Assalamualaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar